Wednesday, November 24, 2010

Pil Efektif Cegah HIV, Obama Ikut Memuji


New York- Ilmuwan memperkenalkan studi terobosan soal obat yang terbukti efektif mencegah infeksi HIV pada pria dengan kecenderungan seksual gay. Presiden Obama pun ikut memuji.

Studi National Institutes of Health (NIH) AS menemukan bahwa dosis harian dari obat yang dikenal dengan nama Truvada ternyata mengurangi risiko infeksi HIV sekitar 44% di antara pria yang berhubungan seks dengan sesama jenis. Studi ini dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Presiden Barack Obama memuji temuan penelitian yang menjadi terobosan ini karena menjadi titik awal dari era baru pencegahan HIV. Dalam sebuah pernyataan, ia mengatakan bahwa kelanjutan penelitian itu menunjukkan betapa pentingnya metode pencegahan HIV.

Dr Anthony Fauci, direktur Institut Alergi dan Penyakit Infeksi di NIH mengatakan bahwa temuan yang terkait hubungan seksual antar pria ini tidak bisa diterapkan kepada kelompok lain. Fauci mengatakan perlu adanya studi lebih lanjut ke populasi lain, seperti perempuan dan pria heteroseksual.

Kepala Pusat Pencegahan HIV/AIDS, Hepatitis dan Penyakit Seksual di Centers for Disease Control and Prevention AS Kevin Fenton menyebutkan bahwa obat ini belum bisa berkembang luas di negara berkembang dalam waktu dekat. Dosis harian Trivada memerlukan biaya US$5 ribu (Rp 45,5 juta) hingga US$7 ribu (Rp 63,7 juta).

Penelitian ini dimulai sejak tahun 2006 dengan meneliti 2.500 pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria, serta perempuan transgender yang melakukan hubungan seks dengan pria, di Brazil, Ekuador, Peru, Afrika Selatan, Thailand dan Amerika Serikat.

Sumber:http://teknologi.inilah.com/read/detail/1000862/pil-efektif-cegah-hiv-obama-ikut-memuji
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings