Saturday, October 30, 2010

10 Kota Dunia yang Paling Jarang Dikunjungi

Ada beberapa negara yang kotanya sangat jarang dikunjungi oleh turis, pasti ada sebabnya nih, kasian banget pertama mungkin kurang diliput oleh media, kedua suasananya mungkin tidak cocok untuk jadi tempat berwisata.

La Oroya, Peru



Kota ini dikenal untuk peleburan logam seperti zinc, timah dan tembaga. Hampir setiap anak kecil di kota menderita penyakit karena tingkat tinggi limbah beracun dari pabrik2 yang bisa memasuki peredaran darah mereka. Tapi penderitaan kota ini belom begitu saja kota ini telah berubah menjadi gurun karena Hujan Asam yang terjadi.

Sumgayit, Azerbaijan



Kota ini sebenarnya sangat terkenal, tapi terkenal karena ini adalah tempat untuk produksi pestisida dan bahan kimia tertentu. Namun, juga terkenal karena membuang limbah tersebut ke dalam Laut Kaspia yang menjelaskan mengapa tingkat kanker mengejutkan meningkat selama beberapa tahun terakhir.Anehnya ga ada orang yang peduli dengan tempat ini

Dakar, Senegal



Kota ini paling terkenal sebagai cosmopolitan Afrika Barat, tetapi karena berada di dekat The Baie de Hanne, kota ini tidak terlalu populer di kalangan wisatawan. Baie de Hanne menyediakan air minum "bersih sejernih Aku-a" untuk rumah tangga tetapi sebenernya sudah tercampur limbah dari pabrik2

Norilsk, Russia



Di kota ini ada sekitar 134.000 warga dan perusahaan terbesar yang memproduksi logam berat ada di sini juga. Limbah yang dilepaskan ke udara sangat berbahaya dan dapat mengurangi harapan hidup seseorang dengan setidaknya.... 10 tahun


Linfen, China



Kota ini memiliki populasi lebih dari 4 juta. Karena negara itu memproduksi batubara secara massal maka pasti daerah tersebut tercemar. Para warga terus keselek karena air minum dicampur dengan arsenik. Orang-orang yang memutuskan untuk tidak pergi di sini jelas punya otak.


Arvin, California



Kota di California ini dikatakan menjadi kota paling tercemar di amrik Udara begitu tebal dan kotor sehingga sulit untuk melihat orang yang berjalan di depan Anda setelah malam tiba. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengubah paru-paru hitam Anda dan mengalami kecelakaan hebat, silahkan mengunjungi Arvin.

Mallocra, Spain



Kota di Spanyol ini telah membuat cukup reputasi untuk dirinya sendiri. Penduduk kota tersebut dikatakan luar biasa kasar dan tidak ramah. Mereka yang telah mengunjungi kota ini menyarankan untuk menjauhi dari penduduk sini karena mereka kasar sekali

Youngstown, Ohio



Orang di amerika tidak mengunjungi Youngstown karena mereka tahu bahwa ada kemungkinan besar bahwa Anda akan ditembak mati di kepala jika Anda keluar dari rumah atau hotel.Faktanya kota ini dikenal sebagai ibukota pembunuhan dunia


Any city in Sri Lanka



Orang-orang mungkin tahu bahwa jika mereka ingin liburan yang damai dan tenang, mereka harus tinggal jauh dari Sri Lanka. Meskipun Anda akan ingin memiliki waktu yang baik,tapi warga terus-menerus akan bercerita tentang betapa miskin negara ini atau bagaimana merajalela masalahnya di negara mereka alias minta dikasihanin kan cape juga denger curhatan mereka


Akiak, Alaska



"Akiak" kasar diterjemahkan menjadi "sisi lain atau daerah lain" dan penduduk pada tahun 2000 adalah sekitar 309. Kota ini memiliki sebuah bandara yang terawat dengan baik dan layanan yang menyediakan akses ke pesawat terbang pribadi dan disewa. Di kota tidak ada pajak, tidak ada properti dan tidak ada yang khusus tentang hal ini.(ngobrolaja.com)

Melihat Dahsyatnya Letusan Gunung Tambora



Sebagian dari kita tentu belum tahu kalau Gunung Tambora pernah tercatat sebagai gunung api tertinggi di Indonesia. Itu terjadi sebelum gunung tersebut meletus dahsyat pada April 1815.

Ketika itu puncak Gunung Tambora mencapai ketinggian sekitar 4.300 meter di atas permukaan laut (dpl). Bandingkan dengan daratan tertinggi di Indonesia saat ini, yakni Puncak Jayawijaya, Papua, yang berketinggian sekitar 3.050 m dpl.

Usai Tambora meletus hebat, daratan di bagian puncak itu dimuntahkan ke berbagai arah. Akibatnya, ketinggian gunung api yang masih tersisa tinggal setengahnya, yakni sekitar 2.851 m dpl.

Letusan yang amat mengerikan itu juga menyisakan sebuah kaldera yang sangat besar. Bahkan, menurut catatan, ukuran kaldera tersebut paling luas di Indonesia. Bayangkan, kaldera tersebut memiliki diameter sekitar 7 km, panjang maksimal 16 km, dan kedalaman 1,5 km.

Kini, gunung api yang secara administratif berada di dua kabupaten; Dompu dan Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu meninggalkan kisah ajaib, bukan saja di Indonesia namun juga berdampak hingga ke berbagai penjuru dunia.


Sangat Mencekam

Tragedi itu bermula pada awal April 1815. Ketika itu kawasan di sekitar Gunung Tambora mulai bergetar. Getaran itu semakin menguat pada 10 April 1815, pukul 19.00 waktu setempat. Sejak saat itu hingga lima hari, ledakan Gunung Tambora mencapai klimaksnya.

Pada malam hari, dari kejauhan Tambora memang benar-benar terang benderang lantaran api yang terus memancar dari puncak gunung tersebut. Suasananya sangat mencekam. Gunung itu seolah berubah menjadi aliran api yang sangat besar.

Pada saat bersamaan, letusan itu juga memuntahkan gas panas, abu vulkanik, dan batu-batu ke arah bawah sejauh 20 km hingga ke laut. Desa-desa di sekitar Tambora pun musnah dilalap aliran piroklastik tersebut.

Menurut Haris Firdaus dalam bukunya berjudul Misteri-misteri Terbesar Indonesia (2008), tiga kerajaan kecil hangus dan hancur terkena lahar dan material letusan Gunung Tambora. Ketiga kerajaan itu adalah Pekat yang berjarak sekitar 30 km sebelah barat dari Tambora. Lalu, Kerajaan Sanggar berjarak 35 km sebelah timur Tambora, dan Kerajaan Tambora berjarak 25 km dari gunung tersebut.



Hampir semua penghuni di tiga kerajaan tersebut tewas. Hanya dua orang yang berhasil selamat. Padahal, lokasi ketiga kerajaan itu tadinya sudah diusahakan cukup aman dari dampak letusan gunung api.

Letusan Gunung Tambora juga membawa material longsoran yang sangat besar ke laut. Longsoran itu menimbulkan tsunami di berbagai pantai di Indonesia seperti Bima, Jawa Timur, dan Maluku. Ketinggian tsunami tersebut ditaksir mencapai 4 meter.

Bukan hanya itu, ledakan dahsyat tersebut juga menebarkan abu vulkanik hingga ke Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. Bahkan bau nitrat juga tercium hingga ke Batavia (kini Jakarta). Hujan besar disertai jatuhnya abu juga terjadi.

Menurut para geolog, letusan itu merupakan bencana alam terbesar sepanjang sejarah. Bayangkan, dibandingkan dengan letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada Agustus 1883, ledakan Gunung Tambora lebih dahsat empat kali lipatnya.



Letusan Gunung Tambora itu terdengar hingga ke Pulau Sumatera, Makassar, dan Ternate sejauh 2.600 km. Abunya juga diterbangkan sejauh 1.300 km dengan ketinggian 44 km dari permukaan tanah. Volume debu ditaksir mencapai 400 km3.

Saking tebalnya debu-debu yang berterbangan di langit, sepanjang daerah dengan radius 600 km dari gunung tersebut terlihat gelap gulita selama dua hari. Maklum, sinar matahari tak mampu menembus tebalnya abu-abu tadi.

Daerah paling menderita tentu saja yang berdekatan dengan lokasi Gunung Tambora. Menurut ahli botani Swis, Heinrich Zollinger, dalam seketika letusan ini menewaskan sekitar 10.000 orang.

Setelah itu, jumlah kematian karena kelaparan di Sumbawa mencapai 38.000 orang dan di Lombok 10.000 orang. Sumber lain menyebutkan, letusan itu telah menyusutkan populasi penduduk Sumbawa hingga tersisa hanya 85.000 orang.

Jumlah Korban Meluas

Bukan hanya itu. Jumlah korban tewas juga meluas hingga ke Pulau Bali, yakni mencapai 10.000 orang. Dampak berikutnya, sebanyak 49.000 orang tewas karena penyakit dan kelaparan.

Mengapa terjadi bencana kelaparan yang berkepanjangan? Ada beberapa alasan. Pertama, semua tumbuhan di Pulau Sumbawa ketika itu hancur total akibat tertutup abu tebal dan dilalap api.

Kedua, selama dua minggu awan tebal masih menyelimuti daerah-daerah di sekitar Gunung Tambora, termasuk Bali. Dampaknya, banyak tanaman budidaya hancur dan gagal panen.

Ketiga, partikel-partikel abu itu dalam jangka waktu lama masih berada di atmofer dengan ketinggian 10 – 30 km. Akibatnya, siklus iklim menjadi tak menentu dan petani pun tidak bisa memanen tanaman budidayanya.

Kekacauan iklim juga melanda kawasan Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada. Setahun setelah letusan itu, pada 1816, kawasan tersebut mengalami tahun tanpa musim panas. Cuaca di kawasan tersebut berubah total. Maklum, partikel abu tadi masih membungkus atmosfer bumi sehingga menghalangi sinar matahari menerobos ke permukaan tanah.

Paceklik pun melanda Kanada, AS, Inggris, dan lain-lain. Udara beku yang terjadi di negara-negara tersebut menghapuskan impian para petani. Penduduk pun kekurangan bahan makanan.

Dampak terparah dialami Irlandia. Di sana curah hujan dingin terjadi hampir sepanjang musim panas. Sekitar 65.000 orang mati kelaparan dan terkena wabah tipus. Wabah ini lalu menyebar ke Eropa dan menewaskan 200.000 orang.

Letusan Gunung Tambora memang tragis. Letusan itu melenyapkan ratusan ribu manusia, baik mereka yang terkena dampak langsung maupun tak langsung. Kisah memilukan ini sesuai dengan nama Tambora yang berasal dari dua kata; ta dan mbora yang berarti ajakan menghilang.

Menurut mitos yang berkembang, masyarakat di sekitar gunung percaya, kabarnya ada sekitar 4.500 pendaki, pemburu, dan penjelajah yang hilang. Mereka itu tak pernah ditemukan di Gunung Tambora yang kini diselimuti hutan dengan aneka bunga anggrek yang sangat mempesona.

NAPOLEON, RAFFLES, dan TAMBORA

Letusan hebat Gunung Tambora pada April 1815 bukan saja melumat dan meluluhlantakkan tiga kerajaan kecil di Pulau Sumbawa. Lebih dari itu, nun jauh di daratan Eropa, tepatnya di Belgia, pasukan tentara di bawah komando penguasa Prancis, Jenderal Napoleon Bonaparte harus bertekuk lutut di tangan Inggris dan Prussia.

Ya, tiga hari setelah Tambora meletus dahsyat, tepatnya pada 18 Juni 1815, pasukan Napolean terjebak musuh. Pasalnya, di sepanjang hari itu cuaca memburuk. Hujan terus mengguyur kawasan tersebut. Padahal, tentara Prancis itu sedang menuju laga pertempuran.

Akibat cuaca buruk, roda kereta penghela meriam terjebak lumpur. Semua kendaraan tak bisa melaju dengan mulus. Tanahnya licin, berselimutkan salju. Maklum, abu tebal dari letusan Gunung Tambora masih bertebaran di atmosfer sehingga menghalangi sinar matahari yang jatuh ke bumi.

Perang Waterloo itu menjadi kisah tragis bagi Napoleon. Kehebatan Napoleon dalam menundukkan musuh-musuhnya berakhir sudah. Ia pun menyerah kalah. Jenderal itu lalu dibuang ke Pulau Saint Helena, sebuah pulau kecil di selatan Samudra Atlantik. Di pulau terpencil itulah ia menghabiskan waktunya hingga meninggal dunia pada 1821 akibat serangan kanker.

Kenneth Spink, seorang pakar geologi berteori, bahwa cuaca buruk akibat letusan Gunung Tambora menjadi salah satu pemicu kekalahan Napoleon. Pada pertemuan ilmiah tentang Applied Geosciences di Warwick, Inggris (1996), Spink mengatakan bahwa letusan Gunung Tambora telah berdampak besar terhadap tatanan iklim dunia kala itu, termasuk cuaca buruk di Waterloo pada Juni 1815.

Di Yogyakarta, letusan Tambora mengagetkan Thomas Stamford Raffles. Gubernur Jenderal Britania Raya di Jawa yang berkuasa pada tahun 1811-1816 itu tadinya mengira ledakan itu berasal dari suara tembakan meriam musuh. Wajar saja demikian karena ketika itu teknologi komunikasi (telegram) memang belum tercipta sehingga letusan itu tak bisa disampaikan ke berbagai penjuru daerah dalam waktu yang relatif cepat.

Takut diserang musuh, Raffles pun lalu mengirim tentara ke pos-pos jaga di sepanjang pesisir untuk siap siaga. Perahu-perahu pun disiagakan. Apa boleh buat, dugaan Raffles keliru. Tak ada serangan musuh.(ngobrolaja.com)

Proses Pembuatan Minuman Whisky

Wiski (bahasa Inggris: whisky dari bahasa Gaelik Skotlandia, atau whiskey dari bahasa Irlandia, fuisce) merujuk secara luas kepada kategori minuman beralkohol dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing (dihaluskan, dicampur air serta dipanaskan), dan hasilnya melalui proses distilasi sebelum dimatangkan dengan cara disimpan di dalam tong kecil dari kayu (biasanya kayu ek).

Jenis wiski yang dihasilkan bergantung jenis serealia yang dipakai sebagai bahan baku, yakni jelai, malt (jelai yang dikecambahkan), gandum hitam (rye), rye yang dikecambahkan, gandum, dan jagung. Wiski berasal dari bahasa Gaulia untuk "air" (uisce atau uisge). Di Skotlandia disebut uisge-beatha, sedangkan di Irlandia disebut uisce beatha yang berarti "air kehidupan". Keduanya berkaitan dengan bahasa Latin aqua vitae yang juga berarti "air kehidupan". Orang Skotlandia menulisnya sebagai whisky sedangkan orang Irlandia menulisnya sebagai whiskey (ditambah huruf "e").

Catatan yang tertua tentang wiski berasal dari tahun 1405 di Irlandia, yang menceritakan wiski dibuat para biarawan. Hal yang sama juga dicatat di Skotlandia pada tahun 1496. Walaupun demikian, wiski diperkirakan sudah ada paling sedikit beberapa ratus tahun sebelumnya. Pada waktu itu, wiski dibuat di banyak tempat, dan tidak dicatat secara khusus. Akibatnya, tahun pertama kali wiski dibuat serta tempat asalnya tidak diketahui. Selain itu, ada kemungkinan berbagai kelompok orang yang tidak ada kaitannya satu sama lain, secara terpisah menemukan proses distilasi.

Ketel distilasi dan tong wiski skotch

Sejarawan memperkirakan minuman keras hasil distilasi pertama kali dibuat antara abad ke-8 dan abad ke-9 di Timur Tengah. Teknik distilasi dibawa ke Irlandia dan Britania oleh biarawan Kristen. Menurut legenda yang populer, Santo Patrick memperkenalkan proses distilasi di Irlandia dan Britania. Proses distilasi mungkin ditemukan orang Irlandia, atau petani di Britania yang memanfaatkan sisa-sisa serealia sesudah panen.



Pisau memotong tepung malt dicampur dengan air panas dan menghasilkan Wort



Tabung Proses Permentasi





setelah di fermentasi, cairan dimasukkan ke tembaga penyuling , memiliki bentuk retort. Kalau di Irlandia proses distilasi sampai 3 kali, berbeda dengan Skotlandia, di sana hanya 2 kali.



Nomor 2 pada penyuling berarti bahwa memang ditujukan untuk distilasi kedua. Di dalamnya berbentuk spiral, dan prinsip kerjanya sama seperti ketel listrik.



Pipa Pengaliran penyimpanan dan pembotolan



Barel Penyimpanan Whisky, whisky yang sudah disimpan dalam drum bisa bertahan sampai bertahun-tahun.



Timbunan Barel. Umumnya digunakan 3 ukuran barel. Masing-masing tong, yang sebelumnya berisi "Bourbon" Kentucky, hanya dapat digunakan 3 kali. Semuanya ada 200.000 barel. Pabrik ini menghasilkan 6,5 juta liter wiski per tahun.



Ini bagian dalam barel. Diberi pori-pori kecil di kayu agar memungkinkan oksigen untuk menembus, mengoksidasi etanol. Jadi wiski memperoleh rasa yang mantap.



Ini namanya probe, berguna untuk mengambil wiski dalam barel, panjangnya kira-kira satu meter.



Test Whisky. Seorang Wanita Mencoba Whisky yang telah jadi




Seorang Karyawan Pabrik Whisky menggulingkan barel-barel berisi whisky yang akan dikirim ketempat pembotolan.



Ruangan Pembotolan Whisky. banyak sekali konveyor bergelombang "screw down"



Botol-botol yang telah terisi whisky akan diberikan label product.



Whsky yang sudah siap di minum.


                                 Source:ngobrolaja.com

Setiap Tahun Difoto Dengan Pose Yang Sama Selama 72 Tahun

Setiap tahun, seorang wanita Belanda bernama Ria van Dijk dari kota Tilburg secara rutin mengunjungi sebuah galeri menembak di pasar malam sejak ia masih gadis berumur 16 tahun.

Setiap kali ia berhasil menembak sasaran, secara otomatis sebuah kamera akan memotret posenya. Hal berlangsung selama 72 tahun sampai Ria telah berumur 88 tahun, dan kamera itu selalu memotret pose yang sama.




Source:Kaskus.us

Ditemukan Jasad Gladiator Dengan Bekas Luka Yang Mengerikan

Seperti film-film gladiator pada umumnya bahwa Gladiator selalu dikaitkan dengan Roma Kuno, tapi sejarawan percaya bahwa mereka juga telah menemukan sebuah kuburan gladiator di Inggris Utara.

Diperkirakan berumur 2000 tahun, kerangka-kerangka tersebut ditemukan oleh para arkeolog saat mereka menggali daerah perumahan di York, dan mereka meniggal dengan cidera yang mengerikan.

Baik itu dibunuh di arena oleh harimau atau oleh pukulan palu dari sesama gladiator, yang pasti merekah dia mati untuk menghibur penonton yang haus darah.




petugas memeriksa penemuan jasad tersebut .



Tempat ini merupakan bukti sejarah ditemukannya makam gladiator Romawi

Penemuan mereka pada awalnya membuat bingung para ahli, sebelumnya mereka pikir ini adalah kuburan dari pembantaian masal. Tapi sebuah tim arkeolog dan ilmuwan forensik “Waking The Dead” membenarkan bahwa mereka telah memecahkan misteri itu.

Mereka mengatakan bahwa cedera yang dialami mayat-mayat tersebut kebanyakan karena gigitan harimau. Seperti pejuang yang digambarkan oleh Russel Crowe dalam filmGladiator, Mereka diharapkan untuk bertarung sampai mati.

Beberapa kerangka menunjukkan luka-luka dari senjata, dan ada juga yang mengalami gigitan besar yang ukuranya sangat cocok dengan ukuran gigi singa atau gigi seri harimau.

Semua mayat-mayat tersebut digambarkan sangat kuat dan tinggi. Tulang-tulang mereka menunjukkan ada tanda-tanda bahwa mereka berotot dan sangat kuat.

Dosen antropologi forensik Dr Michael Wysocki berkata: “Adanya bekas gigitan adalah salah satu dari bukti kuat yang menunjukkan hubungan dengangladiator . Kelihatannya sangat tidak mungkin mayat-mayat tersebut diserang oleh harimau hanya karena ia berjalan pulang dari pub di York 2.000 tahun yang lalu. “



Roma membawa pejuang gladiator ke Britania hampir 2.000 tahun yang lalu, dan dibangun arena dan amphitheatres di kota-kota Romawi yang penting termasuk London dan Chester.

Kurt Hunter-Mann, dari York Arkeologi Trust, mengatakan, para pria banyak mangalami luka-luka, termasuk pukulan palu ke kepala – sebuah metode yang dikenal bagigladiator untuk membunuh lawan .





Analisis tulang mereka telah menunjukkan mereka datang dari setiap sudut daerah kekuasaan, termasuk Afrika dan Mediterania, dengan mengirimoara pejuangGladiator yang kuat.(Kaskus.us)

Kemegahan Universitas Korea

Universitas Korea atau Korea University adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Seoul, Korea Selatan dan memiliki dua kampus, yaitu kampus Anam (terbesar) dan kampus kedua di Jochiwon. Universitas Korea didirikan pada tahun 1905, merupakan salah satu tiga besar universitas terbaik di Korea Selatan. Universitas Korea terdiri dari 81 departemen, 15 sekolah tinggi, dan 75 lembaga penelitian. Jumlah total mahasiswa mencapai 30.000 orang, mencakup program sarjana, magister, dan doktor. Sebagai bagian dari usaha globalisasinya, Universitas Korea telah mengadakan program pertukaran mahasiswa dengan universitas-universitas lain di seluruh dunia.

















http://maskub.wordpress.com/2009/10/...korea-selatan/

Misteri Badan Tidak Bisa Bergerak Sewaktu Tidur (Bei Quai Chaak)



Ketika malam tiba, banyak orang berusaha untuk pergi tidur di dengan nyaman dan damai. di bawah sadar, pikiran kita mungkin pergi ke suatu negeri impian di mana realitas diputarbalikkan oleh fantasi. akan tetapi, ada juga sebagian orang yang ngeri untuk pergi tidur karena takut terjadi lagi mimpi buruk. mungkin, pengalaman paling mengerikan yang kita alami adalah bei quai chaak atau '' dihancurkan oleh setan ''.

di barat, pengalaman yang menjijikkan itu disebut serangan old hag hantu wanita tua yang buruk rupa dan busuk hatinya. dalam bahasa inggris kuno, ini disebut nicht mara mara berarti '' penghancur'' dengan bentuk yang sama yang berlaku dalam bahasa jerman kuno lainnya. orang filipina menyebutnya bangungut, yang dalam bahasa tagalok berarti '' mimpi buruk ''. dalam bahasa latin kata inuus orang yang duduk di atasnya digunakan orang. dalam bahasa yunani, disebut nigation para tukang cekik.

salah satu contoh dari bei quai chaak adalah seperti yang dilukiskan oleh finley hurley. sambil mengingat ingat, ia mengatakan, '' saya yakin bahwa saya akan mati dalam waktu beberapa detik saja apabila saya tidak mampu bergerak, seberapa pun sedikitnya, untuk mematahkan kelumpuhan yang mencekam saya. begitu saya terjaga dari tidur lelap, saya tidak mampu bergerak atau pun berteriak dan saya merasakan sesuatu menyedot nyawa saya dari dada saya. akhirnya saya pun berhasil, setelah beberapa saat berjuang keras dalam ketegangan dan kebisuan, membuka mata dan mematahkan kelumpuhan itu. dan, setelah mata saya terbuka, saya pikir saya melihat awan hitam pekat yang meninggalkan tempat tidur saya dengan cepat .

para korban dari bei quai chaak menyatakan bahwa mereka mengalami perasaan ketakutan luar biasa serta menderita kelumpuhan di sekujur tubuh. bahkan mereka terkadang juga merasakan tekanan pada dada dan diikuti perasaan ketakutan mendadak yang luar biasa akan kematian kadang kadang , mereka mendergar langkah kaki yang mendekati tempat tidur.

david j. hufford, seorang ilmuwan perilaku dan ahli cerita rakyat, pada mulanya mengira bahwa pengalaman ini hanya terjadi asia dikarenakan kepercayaan kepada takhayul yang sudah berurat berakar di kalangan rakyatnya. akan tetapi, belakangan ia menyimpulkan bahwa di kanada dan amerika serikat satu di antara lima orang telah mengalami bei quai chaak ini.

apa pun yang datang untuk mengganggu beberapa orang yang tidak beruntung ini dalam tidur mereka, baik khayalan, nyata, maupun secara kejiwaan, yang pasti adalah pengalaman ini kadang kadang dapat mematikan untuk mengusir tamu yang tidak diundang dan tidak diinginkan ini datang memasuki pikiran kita, orang cina percaya bahwa cara dan tempat meletakkan tempat tidur sangat penting artinya.(Kaskus.us)

6 Permainan Tradisional Khas INDONESIA Yang Terlupakan

1.GALASIN

Galah asin atau di daerah lain disebut galasin atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah asli dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segi empat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.


2.CONGKLAK

Congklak adalah suatu jenis permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh indonesia.Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan.
Congklak memiliki nama yang berbeda-beda di berbagai daerah,di malaysia permainan ini lebih dikenal dengan nama congklk dan istilah ini juga dikenal di beberapa daerah di Sumatera dengan kebudayaan melayu. Di jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak, dakon, dhakon atau dhakonan. Selain itu di lampung permainan ini lebih dikenal dengan nama dentuman lamban sedangkan di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan nama mokaotan, maggaleceng, aggalacang dan nogarata. Dalam bahasa Inggris, permainan ini disebut mancala.


 3.PETAK UMPET

 Permainan ini bisa dimainkan oleh minimal 2 orang,namun jika semakin banyak yang bermain maka akan menjadi semakin seru.

Cara bermain :

Dimulai dengan hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi "kucing" (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apa saja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi (tempat jaga ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah, contohnya di beberapa daerah di jakarta ada yang menyebutnya inglo, di daerah lain menyebutnya bon dan ada juga yang menamai tempat itu hong). Setelah hitungan sepuluh (atau hitungan yang telah disepakati bersama, misalnya jika wilayahnya terbuka, hitungan biasanya ditambah menjadi 15 atau 20) dan setelah teman-temannya bersembunyi, mulailah si "kucing" beraksi mencari teman-temannya tersebut.


 4.GASING
  
Gasing adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkeseimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan untuk berjudi dan ramalan nasib.

Sebagian besar gasing dibuat dari kayu, walaupun sering dibuat dari plastik, atau bahan-bahan lain. Kayu diukir dan dibentuk hingga menjadi bagian badan gasing. Tali gasing umumnya dibuat dari nilon, sedangkan tali gasing tradisional dibuat dari kulit pohon. Panjang tali gasing berbeda-beda bergantung pada panjang lengan orang yang memainkan.

Gerakan gasing berdasarkan efek giroskopik. Gasing biasanya berputar terhuyung-huyung untuk beberapa saat hingga interaksi bagian kaki (paksi) dengan permukaan tanah membuatnya tegak. Setelah gasing berputar tegak untuk sementara waktu, momentum sudut dan efek giroskopik berkurang sedikit demi sedikit hingga akhirnya bagian badan terjatuh secara kasar ke permukaan tanah.


 5.KELERENG
  
Kelereng (atau dalam bahasa jawa disebut n├Ękeran) adalah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca, tanah liat, atau agate. Ukuran kelereng sangat bermacam-macam. Umumnya ½ inci (1.25 cm) dari ujung ke ujung. Kelereng dapat dimainkan sebagai permainan anak, dan kadang dikoleksi, untuk tujuan nostalgia dan warnanya yang estetik.
 
 6.EGRANG
  
Egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Egrang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki, untuk tujuan berjalan selama naik di atas ketinggian normal. Di dataran banjir maupun pantai atau tanah labil, bangunan sering dibuat di atas jangkungan untuk melindungi agar tidak rusak oleh air, gelombang, atau tanah yang bergeser. Jangkungan telah dibuat selama ratusan tahun. (Kaskus.us)
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings