Thursday, November 18, 2010

China Jiplak Mesin Pencitraan Otak AS


Jakarta -Perangkat Pencitraan Otak China dipertanyakan oleh pengembang Amerika Serikat (AS). Mereka mengatakan perangkat itu adalah jiplakan dari perangkat AS.

Menurut laporan edisi online Science , Perangkat Pencitraan Otak China menggunakan pisau berlian untuk mencitrakan otak. Dengan begitu, China dapat menciptakan peta 3D otak yang mengungkap detil sekecil akson dan dendrit (sirkuit pemancar sinyal antar sel otak).

Direktur Brain Networks Laboratory Yoonsuck Choe di Texas A&M University belum berkomentar. Lab Choe pengembang knife-edge scanning microscope (KESM) menyebutkan tak akan berkomentar mengenai detil perangkat itu.

Hal tersebut dikarenakan, lab Choe sedang menyiapkan surat resmi ‘Letter of Science’ untuk editor jurnal itu. Choe mengatakan peneliti China menyalin rancangan KESM guna menciptakan Perangkat Pencitraan Otak versi mereka.

Lab Choe mengembangkan KESM hampir satu dekade lalu. Arsitek utamanya adalah ilmuwan komputer Texas A&M Bruce McCormick (1928-2007).

Kelompok yang dipertanyakan berasal dari Briton Chance Center for Biomedical Photonics di Wuhan National Labolatory Optoelectronics-Huazhong University of Science and Technology di China. Choe memiliki email berisi permohonan pada teknisi kontraktor utama lab Choe, Micro Star Technologies, atas kustomisasi pisau berlian.

Pisau itu adalah kunci KESM, bersama komponen seperti kamera yang dijual secara komersil. Micro Star Technologies menolak permintaan itu. Mengabaikan penolakan tersebut, Choe yakin tim China berhasil mengumpulkan cukup informasi mengenai KESM, mulai dari detil teknis online dan artikel Journal of Microscopy.

Setelah itu, tim China membuat replika persisnya. Peneliti China yang dipimpin Qingming Luo menamakan perangkat itu Micro-Optical Sectioning Tomography (MOST). Choe mengatakan, detil MOST seperti replika sempurna KESM. Saat di email oleh LiveScience untuk wawancara ketika pengumuman MOST, tim China tak merespon.

Sumber:http://teknologi.inilah.com/read/detail/984802/china-jiplak-mesin-pencitraan-otak-as
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings