Friday, July 1, 2011

Selamat Jalan Pak Morris

Siapa pencipta dasar OS Linux, Android, dan iOS? Salah satunya adalah Robert Morris. Beliau meninggal kemarin di usia 78 tahun.

Robert Morris adalah seorang ahli kriptografik, sekaligus salah satu bapak pendiri sistem operasi Unix. Ia meninggal di usia 78 tahun, Kamis (30/6).

Morris adalah seorang pembelajar yang bergelar sarjana (1957) dan meraih master di bidang matematika di Harvard (1958). Ia sempat bekerja di Bell Laboratories AT&T (1960-1986).


Di Labs, Morris menulis tentang matematika Unix, program kriptografik, dan skema enkripsi dasar, yang beberapa tahun kemudian berkembang sebagai Unix.

Per 1986-1994, Morris juga pernah bekerja di Agen Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA). Di sana ia adalah ketua ilmuwan National Computer Security Center.

Sebagai ketua ilmuwan, ia terlibat menciptakan prosedur keamanan standar untuk membekuk pemerintahan Saddam Hussein pada Perang Teluk 1991. Ia juga membantu FBI menerjemahkan kode bukti enkripsi.

Sistem operasi yang ada sekarang ini, seperti Linux, Android, iOS, Solaris, dan lain-lain berakar dari Unix yang diciptakan Robert Morris.

Google dan Apple patut berterima kasih pada ilmuwan yang satu ini.(Inilah.com)
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings