Monday, June 27, 2011

Qatar Buka Bioskop Khusus Perempuan

DOHA - Sebuah kompleks olahraga di Qatar berencana untuk membuka sebuah bioskop yang dikhususkan untuk perempuan. Bioskop tidak diperbolehkan adanya laki-laki sama sekali didalamnya.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (27/6/2011), pembuatan bioskop ini makin mengukuhkan bahwa perempuan dan laki-laki bukan muhrimnya, tidak boleh berkumpul bersama.

Bioskop yang dibuat atas prakarsa Aspire Zone Foundation akan dilengkapi dengan 154 kursi. Rencananya bioskop ini akan dibuka pada hari Kamis 30 Juni mendatang.
Tempat khusus ini sendiri juga didukung oleh pemerintah yang juga secara khusus memesannya untuk perempuan merasakan menyaksikan film di tempat umum.


Dibuatnya bioskop ini menunjukan meningkatnya bisnis yang terkait dengan pemisahan gender di Dubai. Hal ini sendiri juga menarik perhatian dari banyak pihak di seluruh dunia.

Dubai memang diketahui memiliki banyak usaha sendiri untuk perempuan. Negara bahkan memiliki taksi khusus untuk perempuan, yang disupiri oleh supir perempuan. Selain itu, ada juga gerbong khusus untuk perempuan disediakan oleh pemerintah.

Kebijakan Qatar untuk kaum perempuan memang berbeda dengan Arab Saudi. Qatar lebih memilih aturan sosial yang penerapannya mirip dengan negara barat, namun tidak melupakan akar Islam, sedangkan Arab Saudi lebih ketat dalam memberlakukan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hukum di Arab Saudi hampir tidak memperbolehkan perempuan untuk memiliki kebebasan.(Okezone.com)
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings