Thursday, October 28, 2010

Ditemukan, Asteroid Terbesar Kedua


Jakarta - Asteroid bernama Vesta terekam Hubble Space Telescope di antara orbit Mars dan Yupiter. Asteroid ini terbesar kedua yang diketahui di sistem tata surya.

Peneliti NASA menggabungkan 216 foto menjadi video Vesta, di mana diketahui asteroid ini berotasi setiap 5,32 jam.

Gambar tersebut menunjukkan Vesta berayun sekitar empat derajat, di mana ayunan ini lebih mengarah ke timur dari perkiraan ilmuwan.

Data ini akan membantu NASA merencanakan kedatangan pesawat luar angkasa tak berawak mereka ke Vesta tahun depan.

Sementara Vesta merupakan asteroid paling terang di langit, ukuran kecilnya membuatnya sulit di gambarkan dari Bumi, kata anggota tim sains misi Dawn, Jian-Yang Li dari University of Maryland College Park.

Gambar baru Hubble memberikan ilmuwan Dawn perkiraan lebih baik bagaimana Vesta berputar, karena pandangan 90 derajat itu berbeda dari gambar sebelumnya.

Pesawat Dawn NASA diluncurkan pada September 2007 berjarak 134 juta mil (216 juta km) dari Vesta. Pesawat ini akan memasuki orbit Vesta dan akan tetap berada di sana hingga Mei 2012, sebelum kembali menuju asteroid Ceres yang diperkirakan sampai pada Februari 2015.

Vesta dan Ceres merupakan obyek masif di sabuk Mars dan Yupiter. Ilmuwan mempelajari asteroid ini karena strukturnya mirip Bumi.

NASA juga berharap dapat meneliti dari dekat batu luar angkasa ini di mana penelitian akan membantu lembaga ini merencanakan misi selanjutnya mengirimkan astronot ke asteroid ini pada 2025(Inilah.com)
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings