Saturday, December 4, 2010

Apa Pembunuh Manusia Nomor 1?



Jakarta – Kematian seseorang bergantung pada umur, jenis kelamin, ras, dan tempat tinggal. Namun ada satu hal yang menjadi pembunuh manusia paling wahid.

Penyakit jantung koroner terjadi ketika jantung tak menerima cukup darah, hal ini berpotensi menyebabkan serangan jantung. Mereka yang memiliki penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol abnormal, faktor risiko genetik, dan perokok, rawan penyakit ini.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tiap tahun sekitar dua juta orang mati karena penyakit ini di Amerika Serikat (AS). Rata-rata, pada 600 ribu kasus kematian, disebabkan oleh serangan jantung dan 500 ribu kematian disebabkan kanker, khususnya kanker paru-paru.

Posisi ketiga penyebab kematian terletak pada jenis kelamin, semua orang AS di semua umur dan ras memiliki kemungkinan cedera tak disengaja. Kebanyakan disebabkan karena kesalahan rumah sakit, kecelakaan mobil, kebakaran dan racun (overdosis). Posisi keempat hingga ketujuh adalah penyakit saluran pernapasan kronis, stroke, diabetes, dan bunuh diri.

Penyebab kematian di seluruh dunia, selain karena kurangnya ketersediaan perawatan kesehatan, gaya hidup dan kekayaan juga berpengaruh. Namun, penyakit jantung masih menjadi pembunuh utama, diikuti stroke, infeksi pernapasan, penyakit diare, HIV/AIDS, TBC, kanker, kecelakaan kendaraan bermotor, dan kelahiran prematur.

Sumber:http://teknologi.inilah.com/read/detail/1023762/apa-pembunuh-manusia-nomor-1
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings