Friday, December 3, 2010

Gembong Narkoba Rekrut Kurir di Facebook



KUALA LUMPUR - Sindikat perdagangan obat terlarang internasional semakin gencar menggunakan Facebook untuk merekrut anggota-anggota baru yang bisa dijadikan sebagai 'kurir'.

Kementerian luar negeri Malaysia menyatakan, bahwa banyak perempuan-perempuan muda Malaysia yang ditarik ke dalam perdagangan obat terlarang tersebut.

Deputi kementerian Luar Negeri Malaysia Richard Riot mengatakan kebanyakan sindikat tersebut adalah laki-laki yang berasal dari Nigeria dan Afrika Selatan. Mereka "mengambil" calon korban melalui Facebook dan menjanjikan mereka uang untuk membawa paket narkoba ke Malaysia atau ke negara lainnya.

"Hal ini telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, para gadis tergoda oleh sindikat di Facebook, mereka melakukan chatting, dan menjadi teman, sebelum menggunakannya sebagai kurir untuk menyelundupkan narkotika," kata Riot seperti dilansir DigitalOne, Jumat (3/12/2010).

"Mereka menawarkan sejumlah hadiah sebagai bayarannya, seperti liburan ke Jepang, China dan Amerika Selatan, setelah meminta para gadis untuk membawa paket, dan tas berisi obat-obatan terlarang," tambahnya.

Riot menyarankan agar para perempuan Malaysia berhati-hati dalam berinternet. Warga Malaysia selama ini dikenal sebagai kategori orang yang paling ramah di internet dengan rata-rata 233 teman-teman di jaringan sosial mereka.

Sumber:http://techno.okezone.com/read/2010/12/03/55/399861/gembong-narkoba-rekrut-kurir-di-facebook
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings