Tuesday, November 9, 2010

Inilah Pengamanan Ponsel BlackBerry Obama


Jakarta- Obama yang berkunjung ke RI hari ini adalah Presiden AS pertama yang mendapatkan akses email langsung ke handsetnya. Lalu, bagaimana pengamanan terhadap smartphone orang nomor satu AS ini?.

Konsultan teknologi Fortune 500, menyebut tiga area yang perlu diamankan dari BlackBerry Obama adalah lokasi fisik perangkat, komunikasi suara dan data.

Presiden Barack Obama hanya dibolehkan berhubungan dengan orang dalam jumlah yang sangat terbatas sebagai cara mencegah masuknya pesan berbahaya. Selain itu email yang masuk ke Presiden akan membutuhkan waktu untuk dilakukan pemindaian malware.

Selain itu, pihak National Security Agency (NSA) telah bekerja sama dengan Research in Motion (RIM) untuk meningkatkan keamanan BlackBerry Obama.

Selain BlackBerry, Presiden Barack Obama juga menggunakn ponsel PDA Sectera Edge yang mendapatkan sertifikat dari NSA dan memiliki sistem komunikasi suara Top Secret serta akses ke email serta situs secara rahasia. Ponsel ini menggunakan jaringan CDMA, GSM dan Wi-Fi.

Selain itu, ponsel tersebut tahan debu,tahan air dan aman jika jatuh dari ketinggian. Secara fisik, ponsel ini memiliki kemiripan dengan Palm Treo 750 dengan penambahan LCD di atas keyboard.

Ponsel tersebut seharga US$3.500 (Rp 31.8 juta) dengan garansi dua tahun. Harga tersebut sesuai dengan standarisasi pentagon termasuk aksesori seperti adaptor sederhana seharga US$100 (Rp 905 ribu).

Sectera menggunakan versi Microsoft Windows termasuk Word, Excel, Power Point dan Windows Media Player. NSA juga menyebutkan bahwa ponsel tersebut memiliki aplikasi Internet Explorer, WordPad dan Windows Messenger.

Jika Obama bosan menggunakan BlackBerry atau Sectera Edge, pilihan lain adalah L3 Communication System-East. Ini merupakan generasi terbaru dari komunikasi enkripsi portabel dari Secure Mobile Environment Portable Electronic Device (SME PED) L-3 Guardian bagi NSA. Ponsel ini memberikan pengamanan menyeluruh bagi data dan suara nirkabel.

Ponsel ini memungkinkan pengguna mendapatkan panggilan telepon, pengiriman email dan mengakses internet dari sistem yang aman. Akses menggunakan quad-band GSM atau dual band CDMA dari jaringan seluler seluruh dunia.

L-3 ini juga memungkinkan akses nirkabel bagi internet komersial dan jaringan secure wireless access to classified (SIPRNET) atau unclassified (NIPRNET)(Inilah.com)
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings