Wednesday, November 10, 2010

Bush Ingin Tangkap Sepatu yang Dilempar Padanya


WASHINGTON - Masih ingat kejadian pelemparan sepatu ke arah mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush dua tahun lalu? Bush sendiri berharap jika dirinya dapat menangkap salah satu yang dilemparkan wartawan Irak, saat konferensi pers di Baghdad kala itu.

"Saya ingin menangkap benda sial itu (sepatu)," ungkap Bush mengenang dua lemparan sepatu dari Muntazer al-Zaidi pada 14 Desember 2008, di Baghdad, Irak.
"Pelempar itu memiliki lengan yang kuat," lanjut Bush dalam pengakuan yang dia tulis di buku Decision Points, seperti dikutip AFP, Rabu (10/11/2010).

Dalam buku itu Bush menulis insiden pelemparan sepatu oleh seorang wartawan, merupakan pengalaman aneh yang tidak dapat dilupakan. Insiden itu sendiri terjadi, saat putra mantan Presiden AS George Bush Sr, sedang melakuan kunjungan kenegaraan terakhir ke Irak.

Peristiwa ini terjadi ketika Bush bersama PM Irak saat itu, Nuri al Maliki, sedang melakukan jumpa pers atas hasil kunjungannya ke Irak. Tak tanggung-tanggung, sang jurnalis yang diketahui bernama Muntadar al-Zeidi itu melempar Bush dengan sepatu sebanyak dua kali dari jarak sekira 20 meter.

Hal itu dipicu kekecewaan atas pernyataan Bush yang menegaskan bahwa perang belum usai. Mendengar komentar itu, koresponden televisi Al-Baghdadia itu langsung melempar sepatunya ke arah Bush yang duduk bersebelahan dengan Nuri al Maliki.

Zaidi sendiri sempat mendekam di penjara selama kurang lebih satu tahun, sebelum akhirnya dibebaskan. Selama masa penahanan ia mengaku mengalami penyiksaan dari pihak berwenang di penjara.

Sumber:http://international.okezone.com/read/2010/11/10/18/391921/bush-ingin-tangkap-sepatu-yang-dilempar-padanya
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings