Wednesday, September 1, 2010

Oval Office Ala Obama

Setelah 18 bulan berkantor di gedung putih, Presiden Barack Obama mendesain ulang kantornya yang dikenal dengan nama Oval Office. Dekorasi ulang ini dilakukan ketika Obama bersama keluarganya pergi berlibur. Kini ruangan itu memiliki sofa baru, karpet baru dan pelapis dinding baru juga.
Yang paling mencolok dari dekorasi baru ini adalah karpetnya, karpet yang didominasi warna kuning muda dan krem ini menggantikan karpet berdesain sinar matahari milik Presiden George W Bush.
Di karpet itu Obama juga menuliskan kata-kata yang menginspirasi, di antaranya kutipan dari Franklin Roosevelt yang berkuasa ketika masa Depresi Besar dan Perang Dunia II, kata-katanya: "The Only Thing We Have to Fear is Fear Itself." dia juga mencantumkan kata-kata Martin Luther King: "The Arc of the Moral Universe is Long, But it Bends Towards Justice.

Selain itu dia juga mengutip kata-kata Abraham Lincoln yang tersohor: "Government of the People, By the People, For the People." Selain itu dia juga mengutip John F Kennedy dan Theodore Roosevelt.
Selain karpet Obama juga mengganti kursi tinggi yang biasa dipakai Bush menjadi kursi yang sandarannya lebih rendah. Vas bunga di meja tengah untuk menerima tamu juga diganti dengan mangkuk berisi buah. Sofa yang terlihat kaku milik Bush diganti lebih casual.
Namun Obama mempertahankan meja kerja yang dikenal dengan nama President Resolute Desk, meja ini pemberian Inggris pada 1880. Meja ini dipakai oleh John F. Kennedy, Jimmy Carter, Ronald Reagan, Bill Clinton dan George Bush.
Biaya dekorasi ulang ini, menurut pejabat Gedung Putih, tidak diambil dari pajak rakyat tapi dari Asosiasi Sejarah Gedung Putih (White House Historical Association).
Oval office terletak di sisi selatan sayap barat Gedung Putih. Oval Office adalah simbol dari kekuatan eksekutif Amerika Serikat. Di ruang kerja itu seorang presiden Amerika Serikat biasanya berpidato kepada rakyatnya untuk hal-hal yang amat penting. Setiap pergantian presiden, biasanya dekorasi ruangan ini juga berubah.(TempoInteraktif)
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings