Thursday, September 16, 2010

A-Class E-CELL, Mobil Listrik Terbaru Mercedes-Benz

Regulasi ketat soal emisi di Eropa menghasilkan "booming" mobil listrik di Eropa. Mercedes-Benz pun tak kalah sigap, dengan memperkenalkan A-Class E-CELL. Ini adalah model listrik kedua lansiran Daimler AG yang telah siap diproduksi setelah Smart ForTwo Electric Drive.

Eksterior dan interior mobil kota bertenaga listrik ini sama dengan A-Class bermesin bensin. Hanya sasis dengan lantai dibuat berlapis agar baterainya aman dan terlindung di bawah kabin penumpang. Posisi ini memberikan keuntungan, titik berat mobil semakin rendahnya dan tentu saja pengendalian lebih baik.

Dua buah baterai lithium-ion - total 36 kWh - bisa digunakan menempuh jarak maksimal 200 km, buat sekali isi. Untuk mengisi kembali baterai, bisa dicolokkan langsung ke stop kontak di rumah(230V). Diperlukan 8 jam untuk mengisi penuh. Kalau pengisian pada instalasi listrik umum dengan tegangan 400V, hanya 3 jam.

Motor listrik yang digunakan menghasilkan tenaga 95PS dan torsi 290 Nm. Kemampuan berakselerasi 0-60 km/jam, 5,5 detik dan untuk mencapai 100 km/jam butuh 14 detik. Kecepatan maksimumnya dibatasi secara elektronik, 150 km/jam.

Pada panel instrumen terdapat layar multi-fungsi yang menunjukkan status pengisian baterai, jarak tempuh, waktu tempuh, kecepatan rata-rata, konsumsi energi rata-rata serta jarak yang masih bisa ditempuh dengan kapasitas energi listrik yang tersisa.

Panel petunjuk putaran mesin digantikan dengan indikator tenaga. Segmen warna hijau, putih dan merah pada panel indikator tersebut akan menunjukkan apakah sistem penggeraknya sedang dalam mode mengisi ulang baterai, ekonomis atau bertenaga penuh.

Rencananya, hanya ada 500 buah A-class E-CELL yang akan dibuat di pabrik Rastatt, Jerman mulai musim gugur 2010. Mobil ini akan dijual di beberapa negara Eropa, termasuk Jerman, Perancis dan Belanda.(kompas.com)
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings