Sunday, July 10, 2011

Baldwin Street, Jalan Tercuram di Dunia

JIKA Anda tengah berkunjung ke Selandia Baru, maka sebaiknya sempatkan diri datang ke sebuah jalan bernama Baldwin Street. Sebuah jalan di ujung utara Dunedin yang tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai jalan tercuram di dunia.

Kemiringan jalan yang panjangnya 350 meter ini mencapai 1:2.86 (19 atau 35 persen). Artinya, setiap 2,86 meter horizontal perjalanan, naik satu meter. Bagian bawah jalan tidak terlalu curam dan permukaannya diaspal. Sedangkan bagian atas jalan merupakan jalan buntu yang sangat curam serta terbuat dari beton.

Setiap tahunnya, jalan ini menjadi lokasi untuk acara tahunan Dunedin yang dikenal dengan Baldein Street Gutbuster. Sejak 1988 di setiap musim panas, berlangsung semacam pelatihan keseimbangan peserta yang terlibat harus berlari dari ujung bawah jalan menuju ke atas, kemudian kembali ke bawah. Acara ini selalu berhasil menarik ratusan pesaing per tahun.


Pergelaran lainnya yang tak kalah terkenal di tempat ini adalah Jaffa Race, sebuah acara yang juga diadakan tiap tahun, melibatkan lebih dari 30.000 Jaffas yang nantinya digulingkan dari bagian atas Baldwin Street hingga menuju dasar jalan.

Setiap permen diberi nomor untuk mengetahui siapa pemiliknya. Dalam acara ini juga terdapat penggalangan dana untuk kepentingan amal.

Tersebar pula informasi dari jalan curam ini yang sempat mengambil korban di mana pada tahun 2001 seorang mahasiswa dikabarkan tewas setelah mencoba menuruni sepanjang Baldwin Street dengan “wheelie bin”, sebuah tempat sampah beroda.(Okezone.com)
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings