Tuesday, December 7, 2010

Pendiri WikiLeaks Masuk Nominasi Person of The Year

 WASHINGTON - Meski masih dalam status buronan, pamor pendiri WikiLeaks, Julian Assange, malah semakin booming. Bahkan ia masuk dalam nominasi Person of The Year besutan Majalah Times.

Dilansir melalui Huffington Post, Selasa (7/12/2010), Assange telah menyita perhatian para pengguna internet. Proses pemilihan kolektif secara online itu mendudukkan Assange diposisi pertama dalam daftar nominasi Person of The Year mengalahkan Presiden AS Barack Obama dan pendiri perusahaan gadget inovatif Apple, Steve Jobs.

Untuk mendukung Assange menempati posisi puncak Person of The Year versi Majalah Time, sekelompok orang bahkan membentuk kelompok manifesto dan menghimbau para pendukung untuk memilih Assange melalui voting dan poling.

Julian Assange dan situs whistle-blower miliknya memang sedang menjadi perbincangan hangat belakangan ini karena telah berani membeberkan dokumen kawat diplomatik AS ke seluruh dunia secara online.

Assange bahkan disebut oleh pemimpin GOP, Mitch McConnell, sebagai 'teroris high-tech', sebuah julukan yang juga pernah ditujukan untuk pemimpin Nazi, Hitler. Namun begitu banyak juga yang menganggap Assange sebagai pahlawan yang mampu mengungkap kebobrokan pemerintahan.

Hingga saat ini, dari sekira 251 ribuan dokumen yang ada di WikiLeaks, baru sekira 900-an dokumen yang berhasil disebar. Belum termasuk dokumen kawat diplomatik dari Kedutaan Besar AS di Jakarta dan Surabaya, terkait Indonesia, yang diperkirakan berjumlah sekira 3.400-an dokumen.

Saat ini belum diketahui keberadaan Assange. Bahkan situs WikiLeaks masih menjadi target serangan hacker untuk ditutup. Tidak heran jika kemudian WikiLeaks menyiasatinya dengan menggunakan mirroring sites yang kini berjumlah sekira 501 alamat.

Sumber:http://techno.okezone.com/read/2010/12/07/55/400843/pendiri-wikileaks-masuk-nominasi-person-of-the-year
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings