Tuesday, November 8, 2011

Gejala Penyakit Asam Urat


Penyakit asam urat (gout) adalah penyakit yang diakibatkan kelebihan kadar asam urat (purin) sehingga menumpuk pada persendian tulang. Penumpukan tersebut menimbulkan nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa gejala penyakit asam urat

Asam urat adalah sejenis asam yang berbentuk kristal yang dihasilkan akibat proses metabolisme purin yang banyak terdapat pada makanan seperti sayur, buah, kacang-kacangan, daging, jeroan, dan ikan sarden. Asam urat ini kadarnya tidak boleh melebihi batas, karena kelebihan asam urat akan menimbulkan gangguan, dan gejala penyakit asam urat pun mulai timbul.

Penyakit Asam Urat
Jenis-jenis makanan yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat diantaranya: Minuman beralkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan seperti hati, jantung, babat, dan limfa. Mengkonsumsi makanan tersebut akan menghasilkan banyak sisa asam urat di dalam darah yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit, yang merupakan awal dari gejala penyakit asam urat.

Kadar Asam Urat Normal 

Pria: berkisar 3,5 – 7 mg/dl 
Wanita: 2,6 – 6 mg/dl.

Gangguan terjadi apabila kadar asam urat diatas normal.

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala khas dari serangan artritis gout adalah serangan 
-pembengkakan
-kemerahan
-nyeri hebat, panas 
-gangguan gerak dari sendi yang terserang

Gejala penyakit asam urat bisa terjadi mendadak dan ketika kambuh penderita akan merasakan sangat kesakitan bahkan jika tubuhnya hanya terkena hembusan angin atau pun selimut.

Sumber : bekamnabawi.com
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings