Thursday, December 18, 2014

Tips : Cara Menggunakan Sumpit Dengan Benar

Dalam bahasa Cina, namanya k’uai tzu (Pinyin-nya kuaizi), yang berarti ”si tangkas”. Kata ”chopsticks” untuk sumpit dalam bahasa Inggris konon berasal dari istilah pasaran chop, yang berarti ”cepat”. Meskipun demikian, benda tersebut terdapat di hampir setiap rumah tangga di Asia Tenggara. Mungkin Anda sudah pernah mencoba menggunakannya sewaktu bersantap di restoran Cina.Ingin tahukah Anda cara menggunakan sumpit dengan benar? Sumpit adalah batangan ramping sepanjang kira-kira 20 hingga 25 sentimeter. Bagian atas sumpit biasanya persegi. Hal ini membuatnya mudah dipegang dan mencegahnya menggelinding di atas meja. Bagian bawah biasanya bundar. Sumpit Jepang umumnya lebih pendek dan ujungnya lebih runcing daripada sumpit Cina.


Banyak orang yang mengunjungi negara-negara Asia seperti Cina dan Jepang terpesona sewaktu melihat seorang anak kecil, yang mungkin baru berusia dua tahun, makan dengan menggunakan sepasang sumpit yang tampaknya kebesaran. Dalam waktu singkat, sepotong demi sepotong isi mangkuk berpindah ke mulutnya. Kelihatannya cara menggunakan sumpit benar-benar mudah.

Dengan sedikit latihan, akan semakin mudah dan sumpit tersebut akan serasa menjadi bagian dari tangan Anda.Berikut cara menggunakan sumpit yang benar :

- Sumpit dipegang dengan satu tangan saja, biasanya tangan kanan.

- Tirukan bentuk mangkuk dengan tangan Anda, dengan ibu jari terpisah dari jari-jari lainnya. Letakkan sebatang sumpit di celah antara ibu jari dan jari-jari lainnya, biarkan sumpit itu bersandar di dasar jari telunjuk dan di ujung jari manis.

- Lalu tempatkan batang sumpit yang satu lagi sejajar dengan yang pertama, dan pegang dengan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, seperti memegang pensil. Sejajarkan kedua ujungnya dengan mengetukkannya ke atas meja. Sekarang, sambil menjaga sumpit bagian bawah tetap diam, gerakkan sumpit bagian atas dengan menggoyangkan jari telunjuk dan jari tengah ke atas dan ke bawah. Latih terus sampai Anda dapat menyatukan kedua ujung sumpit dengan mudah.

Bagaimana cara menggunakan sumpit kalau hidangan berupa daging ayam, bebek, atau panggul sapi yang tidak dipotong kecil-kecil? Biasanya daging itu dimasak sedemikian rupa sehingga sumpit bisa digunakan dengan mudah untuk memisahkannya menjadi potongan-potongan kecil. Sumpit sangat cocok untuk ikan, yang biasanya dihidangkan utuh; Anda dapat memisahkan tulang-tulangnya jauh lebih mudah daripada dengan menggunakan pisau dan garpu.

Kalau makan nasi? Jika acaranya tidak resmi, Anda boleh mengangkat mangkuk dengan tangan kiri, mendekatkannya ke mulut, dan menyuapkan nasinya dengan sumpit. Namun, bila acaranya lebih resmi, Anda harus mengambil nasi dengan sumpit, sedikit demi sedikit.Jadi sebenarnya cara menggunakan sumpit cukup sederhana untuk dilakukan kalau sering dilatih dan dibiasakan.
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings