Tuesday, February 7, 2012

Iran Blokir Boneka Simpsons


Iran menambahkan boneka dari karakter kartun The Simpsons ke dalam daftar mainan yang dilarang di negara ini. Sebelumnya, Barbie telah dilarang beredar di negara yang kerap dijuluki Negeri Para Mullah ini.  

Surat kabar Iran, Shargh, melaporkan pengambil keputusan adalah Institut Pengembangan Intelektual Anak dan Remaja sebagai salah satu langkah untuk memblokir promosi budaya Barat di negeri itu. Namun, pejabat institut, Mohammad Hossein Farjoo, tidak menjelaskan secara rinci mengapa Simpsons masuk dalam daftan mainan terlarang.


Surat kabar ini melaporkan, setiap boneka yang alat kelaminnya dibedakan dilarang di negeri itu. Begitu juga boneka berbentuk orang dewasa. 

Pada bulan Januari tahun lalu, karakter Barbie resmi dilarang. Polisi menutup puluhan toko mainan yang menjual boneka itu kendati tampil berkerudung. 

Sejak revolusi Islam 1979 yang menggulingkan monarki pro-Barat, Iran mengubur seluruh pengaruh budaya Barat. Semua yang berbau Barat dilarang di negeri ini, termasuk mainan, film, dan musik. 

Sumber : www.tempo.co
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings