Wednesday, July 27, 2011

Mengetahui Penyebab Dan Gejala Sakit Jantung

Sering merasakan nyeri di dada? Jangan anggap remeh jika rasa sakit itu menyerang lebih 15 menit. Bisa jadi, itu Gejala Sakit Jantung yang jika dibiarkan bisa menimbulkan kematian mendadak.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Dr. P. Tedjasukmana, SpJP, mengatakan, nyeri di dada lebih dari 15 menit merupakan karakteristik utama Gejala Sakit Jantung.

“Sakitnya biasanya terjadi di belakang tulang dada, seperti tertekan benda berat, rasanya juga bisa seperti ditusuk-tusuk dan biasanya disertai dengan gangguan pernapasan, keringat dingin, berlangusng lebih dari 15 menit dan nyerinya semakin hebat,” ujarnya dalam talkshow 'Pfizer 3 Ring Peduli Kolesterol', di Jakarta, Sabtu, 2 Juli 2011.

Dr. Tedja menambahkan, ciri nyeri di dada yang merupakan Gejala Sakit Jantung tersebut biasanya muncul tiba-tiba di tengah aktivitas fisik, seperti olahraga.


Namun, gejala itu paling mudah terdeteksi pada pria dewasa. Mereka yang berusia 72 tahun ke atas dan wanita lebih sulit mendeteksi gejala tersebut. Sebab, rasa sakit yang menyerang seringkali lebih samar dan cenderung tak terasa kuat.

Menurutnya, manifestasi Gejala Sakit Jantung juga bisa sama seperti serangan sakit lambung, tapi karakteristik utamanya adalah nyeri dada, pucat dan sesak napas. Karenanya, ia meminta masyarakat selalu waspada dengan gangguan sekecil apapun di area kardiovaskuler.

"Semakin cepat pergi ke dokter, masalah ini akan semakin mudah diobati. Jangan tunda terlalu lama untuk pergi ke dokter. Semakin lama kerusakan, risiko kematian lebih tinggi,” katanya.
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings