Monday, December 22, 2014

Karakteristik Matahari

Matahari adalah benda langit yang merupakan bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan unsur-unsurnya terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet.Berikut ini beberapa karakteristik matahari :

● Bintang tunggal: Para astronom memperkirakan bahwa 85 persen dari bintang-bintang di sekitar matahari berada dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari dua atau lebih bintang yang saling mengorbit. Bintang-bintang demikian diikat oleh daya gravitasi.

Akan tetapi, karakteristik matahari yang pertama adalah bintang tunggal. ”Kasus tentang matahari sebagai bintang tunggal tampaknya agak tidak biasa,” tulis seorang astronom . Status tunggal dari matahari ini memungkinkan bumi mengorbit dengan lebih stabil, yang selanjutnya, menyebabkan kondisi yang mendukung kehidupan di bola Bumi ini.




● Bintang yang besar: Keunikan lain dari matahari, adalah bahwa ”matahari termasuk di antara 10 persen bintang terbesar di lingkungannya”, lapor sebuah harian terkemuka. Matahari berisi 99,87% massa tata surya, sehingga gravitasinya mengendalikan semua benda lain di tata surya.Karakteristik matahari ini memungkinkan bumi berada relatif jauh dari matahari—150 juta kilometer—tetapi tidak bergerak menjauh darinya. Selanjutnya, jarak yang relatif jauh ini melindungi kehidupan di atas bumi agar tidak tersambar matahari.

● Unsur-unsur berat: karakteristik matahari memiliki 50 persen lebih banyak unsur berat—karbon, nitrogen, oksigen, magnesium, silikon, dan besi—dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya yang usia dan jenisnya sama. Tingkat kelimpahan unsur berat dalam matahari sangat rendah, namun beberapa bintang bahkan memiliki tingkat kelimpahan unsur berat yang lebih rendah.” Sesungguhnya, bintang-bintang yang memiliki tingkat kelimpahan unsur berat seperti matahari tergolong ke dalam kategori yang disebut bintang-bintang Populasi I.Lalu, apa hubungannya dengan eksistensi kehidupan di bumi? Nah, unsur-unsur berat penting untuk menopang kehidupan. Namun, mereka jarang ada, hanya kurang dari 1 persen dari isi alam semesta ini. Namun, bumi kita, hampir keseluruhannya terdiri dari unsur yang lebih berat. Mengapa? Karena, kata para astronom, bumi mengorbit bintang yang unik—matahari kita.

● Orbit yang tidak begitu lonjong: Karena matahari adalah anggota bintang Populasi I, ada keuntungan lain yang timbul.Bintang-bintang Populasi I umumnya memiliki orbit yang hampir berbentuk bundar yang mengitari pusat galaksi. Orbit matahari tidak begitu elips dibandingkan dengan orbit bintang-bintang lain yang seusia dan sejenis. Mengapa karakteristik matahari mempengaruhi eksistensi kehidupan di bumi? Karena bentuk bundar dari orbit matahari mencegah matahari agar tidak terjerumus ke galaksi yang lebih dalam, yang sering didatangi oleh supernova (bintang-bintang yang meledak).

● Variasi dalam kecemerlangan: Di sinilah letak fakta menarik lain tentang bintang dari tata surya kita ini. Dibandingkan dengan bintang-bintang yang sama lainnya, matahari memiliki lebih sedikit variasi dalam kecemerlangan. Dengan kata lain, kilauannya lebih stabil dan konstan. Kilauan cahaya yang relatif stabil demikian sangat penting bagi kehidupan di bumi.Keberadaan kita di planet ini adalah bukti bahwa kilauan matahari merupakan salah satu dari faktor-faktor lingkungan yang lebih stabil, kata seorang sejarawan sains yang berkomentar tentang karakteristik matahari.

● Kemiringan orbit: Orbit matahari hanya sedikit miring terhadap bidang datar Bima Sakti. Ini berarti bahwa sudut antara bidang datar dari orbit matahari dan bidang datar dari galaksi kita sangat kecil.
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings