Friday, November 30, 2012

Tokek, Binatang Merayap Yang Mengagumkan

Banyak hal yang telah di pelajari dan di teliti oleh para ilmuwan.Tumbuhan dan hewan yang unik sekalipun tidak lepas dari pengamatan para ilmuwan dunia.Salah satu binatang unik yang mengagumkan adalah tokek.Apakah pembaca sekalian pernah melihat atau mendengar sekilas tentang binatang yang satu ini.Berikut ini ulasan singkat tentang tokek.


Tokek
Binatang merayap yang dikenal sebagai tokek dapat memanjat dinding serta bertengger terbalik di langit-langit.Ini berarti binatang merayap tersebut melawan gravitasi,bagaimana mungkin ini bisa terjadi?

Tokek bisa menempel bahkan di permukaan selicin kaca berkat ribuan struktur sehalus rambut yang disebut seta, yang ada di seluruh telapak kakinya. Kakinya tidak menghasilkan lem, tetapi memanfaatkan daya molekuler yang sangat lemah. Molekul pada kedua permukaan saling mengikat karena daya tarik yang sangat lemah yang disebut daya van der Waals. Biasanya, gravitasi dengan mudah mengalahkan daya tarik tersebut, itu sebabnya kita tidak bisa memanjat dinding hanya dengan menempelkan telapak tangan kita pada dinding. Tetapi, seta-seta kecil pada kaki tokek memperluas permukaan yang bersentuhan dengan dinding. Daya van der Waals, apabila dilipatgandakan melalui ribuan seta pada telapak kaki tokek, menghasilkan daya tarik yang cukup besar untuk menahan bobot tokek yang relatif kecil.

Para ilmuwan terkagum-kagum akan kemampuan tokek untuk memanjat permukaan yang licin—bahkan merayap di langit-langit yang licin—tanpa terpeleset.Ini membuat para ilmuwan rela membuang banyak waktu untuk menyelidiki lebih dalam tentang binatang merayap ini.

Para peneliti ingin membuat bahan perekat yang, seperti kaki tokek, dapat menempel pada permukaan yang licin. Bahan perekat ini bisa digunakan antara lain untuk berbagai keperluan medis,mulai dari perban yang tetap menempel meskipun basah hingga plester untuk menggantikan benang penjahit luka operasi.
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings