Untuk sebagian besar orang Indonesia, mungkin baru mengenal mobil Toyota saja tanpa mengetahui bagaimana produsen mobil terbesar dunia ini berdiri pada mulanya. detikOto pun mendapatkan kesempatan menilik sejarah awal berdirinya Toyota di Jepang.
Toyota sendiri tadinya awalnya menggunakan nama Toyoda. "Namun karena dinilai kurang menguntungkan dari sisi pemasaran dan feng shui, maka nama Toyoda yang merupakan nama keluarga pendiri diganti menjadi Toyota," tutur Ketua Museum Toyota Kuragaike Commemorative Hall Koji Matsuura kepada wartawan Indonesia.
Museum ini merupakan salah satu museum yang didirikan Toyota di Jepang. Museum ini terletak di Nagoya, Jepang dan mulai dibangun pada bulan September 1974 tepatnya saat produksi Toyota mencapai 10 juta unit.
Di dekat kawasan ini, ada rumah pendiri Toyota yakni Kiichiro Toyoda.
Sejarah awal berdirinya Toyota
Tadinya Toyota ini bukanlah sebuah perusahaan mobil. Sakichi Toyoda (1867-1930) adalah seorang industrialis pertama Jepang. Dia merupakan salah satu penemu mesin tenun.
"Ayah saya adalah seorang tukang tenun, sedangkan saya adalah automobile man," begitu yang ada di benak anak Sakichi yakni Kiichiro (1894-1952).
Di Jepang pada tahun 1920-1930an, mobil-mobil keluaran AS seperti Ford dan GM mulai masuk dan merakit mobilnya di Jepang. Kiichiro Toyoda pun resah dan gelisah karena belum ada produsen otomotif lokal yang bisa berhasil dari sisi bisnis.
Sepulangnya dari Eropa dan AS, Kiichiro Toyoda mulai bermimpi untuk menciptakan sendiri mobil yang diproduksi oleh negeri Jepang.
Mulailah Toyoda dan timnya membangun pabrik dan membongkar mobil-mobil AS seperti mobil Chevrolet tahun 1933 untuk dilihat bagaimana suku cadangnya. Singkat kata Toyoda berhasil membuat mobil dengan mesin yang lebih kecil.
Perjuangan untuk membuat mobil Jepang dilanjutkan dengan membangun blok silinder pada Juli 1934. Dan di bulan September 1935, Toyoda melakukan test run mobil mereka.
Mobil penumpang pertama yang diproduksi adalah Toyoda Model AA Sedan yang dirilis bulan September 1936.
Beberapa model truk dan mobil yang diproduksi dalam kurun waktu 1935-1947 adalah:
Toyoda Model G1 Truck 1935
Toyota Model GB truck 1938
Toyoda Model G1 Truck 1935
Toyota Model GB truck 1938
Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go) 1939
Toyopet Model SA small passenger car 1947
Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go)" 1939
"Toyopet Model SA small passenger car 1947
Toyopet Model SB small truck 1947
Toyota Model BM truck 1947
Toyopet Model SB small truck 1947
Toyota Model BM truck 1947
Mimpi Toyoda untuk membangun mobil sendiri sempat terkendala saat Perang Dunia II di 1945. Jepang mengalami kebangkrutan masif karena kalah perang. Perusahaan-perusahaan Jepang ramai-ramai menyatakan kebangkrutan namun Toyota tetap bertahan dan akhirnya bisa kembali memproduksi mobil.
Namun mobil yang paling mendapat sorotan adalah Toyopet Crown Model RS yang melakukan debut perdana pada 1955. Mobil ini merupakan mobil pertama yang betul-betul diproduksi di Jepang.
Itulah Toyota, dari awalnya yang hanya mimpi dari Kiichiro kini berhasil menjadi produsen terbesar dunia. Bahkan ekonomi Jepang pun kini bertumpu pada Toyota.
Sumber : oto.detik.com