Tuesday, December 20, 2011

Menelusuri Manfaat Kopi Untuk Kesehatan


Mengonsumsi kopi akan terasa nikmat jika dilakukan saat bersantai atau saat pagi hari. Tak hanya nikmat, konsumsi kopi juga bisa mengurangi risiko stroke. Dengan mengetahui besarnya manfaat kopi bagi manusia, tidak ada lagi keragu-raguan untuk mengonsumsinya.

Satu penelitian mengungkap, wanita yang mengonsumsi lebih dari secangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko stroke hingga 25 persen dibandingkan dengan mereka yang sedikit atau tanpa asupan kopi. Penelitian ini menunjukkan presentase manfaat kopi bagi manusia.

Temuan ini sebagai bukti, manfaat kopi untuk kesehatan begitu besar, demikian laporan Daily Mail.

Kopi
Peneliti Dr Susanna Larsson, dari National Institute of Environmental Medicine di Karolinska Institute di Stockholm, Swedia, mengatakan kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di dunia, bukan hanya karena manfaat kopi yang begitu besar tapi juga karena aromanya.

"Bahkan, semakin banyak bukti menunjukkan bahwa manfaat kopi yaitu dapat mengurangi risiko beberapa penyakit seperti diabetes, kanker hati, dan kemungkinan stroke." Dari penelitian ini, hampir 35.000 wanita berusia 49-83 mengikuti diet kesehatan dari satu dekade. 

Para peneliti menyatakan, kemungkinan manfaat kopi bisa mengurangi risiko stroke karena kopi mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kopi juga mengandung antioksidan yang dikenal mampu mencegah penyakit.

Beberapa menyarankan dosis tinggi dari kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, yang lain menunjukkan manfaat kopi yaitu mengurangi risiko kanker, usus besar pankreas, otak, mulut, dan tenggorokan.

Sumber : kosmo.vivanews.com
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings