Friday, January 25, 2013

Kualitas dan Manfaat Alpukat

Buah alpukat mempunyai sejarah panjang yang patut untuk diketahui. Para penakluk Spanyol pada awal abad ke-16 menemukan buah alpukat. Ukuran dan bentuknya mirip buah pir besar, tetapi warnanya tetap hijau bahkan setelah matang. Tekstur dagingnya lembut seperti mentega, sedangkan rasanya agak mirip kacang. Akhirnya, buah itu dikenal sebagai alpukat, dari kata ahuacatl dalam bahasa Aztek. Selain sisi sejarahnya, tak ada salahnya juga untuk mengetahui beberapa manfaat alpukat.



Alpukat ditanam di banyak tempat yang beriklim hangat atau sedang, termasuk Amerika Utara dan Selatan, Australia, Filipina, Israel, Kenya, dan Selandia Baru dan termasuk di daerah indonesia. Alpukat termasuk di antara sekitar 20 buah tropis yang penting bagi perekonomian dunia. Ini dikarenakan besarnya manfaat alpukat untuk kesehatan dan nilai jual yang mahal.

Manfaat alpukat sangat luar biasa, dilengkapi dengan kadar protein, riboflavin, niasin, kalium, dan vitamin C yang tinggi. Konon, alpukat mengandung sekurang-kurangnya 11 vitamin dan 14 mineral. Di negara-negara seperti panama, sebuah alpukat dengan tortilla dianggap sebagai hidangan yang lengkap. Alpukat juga kaya lemak, dan minyaknya mirip minyak zaitun karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Minyaknya juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

Manfaat alpukat tidak hanya sebatas pada buahnya saja, hampir setiap bagian dari pohon alpukat berguna. Kayunya digunakan sebagai bahan bakar. Bijinya digunakan di Amerika Selatan untuk memberi tanda pada pakaian, karena biji itu meninggalkan noda yang tak mudah luntur. Di beberapa bagian Filipina, daunnya digunakan untuk membuat teh. Menurut laporan, kulit kayunya dapat digunakan untuk menyamak kulit.

Manfaat alpukat tidak juga hanya sebatas untuk kesehatan, tetapi para penikmat makanan senang menyantap alpukat dengan jeruk atau tomat. Rasanya dapat diperlezat dengan diolesi saus salad yang asam. Selain itu, alpukat dapat dihidangkan bersama udang, kepiting, atau lobster, dan dapat digunakan untuk melezatkan banyak jenis salad. Beberapa orang mencampurnya dengan buah-buah lain untuk menghasilkan jus yang menyegarkan. 

Alpukat dianggap sebagai buah langka yang unik. Jika belum pernah mencicipi alpukat, cobalah bila ada kesempatan. Setelah mencoba anda akan merasakan betapa besarnya manfaat alpukat untuk kesehatan dan menambah nikmat rasa makanan.
Related Posts with Thumbnails

Blog Archive

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Lifestyle Blogs - Blog Rankings